Loading...

Laga sepak bola Arab Saudi ‘dimanipulasi’ selama Ramadan


Pemain Arab SaudiHak atas foto
Reuters

Image caption

Pemerintah Arab Saudi berusaha memajukan sepak bola antara lain melalui pertandingan persahabatan seperti ketika melawat ke Meksiko ini.

Otorita Arab Saudi melakukan penyelidikan terkait dugaan pengaturan hasil pertandingan di liga sepak bola negara itu, yang diperkirakan berlangsung sejak awal puasa.

Badan Olahraga Umum, yang merupakan lembaga pemerintah, mengatakan pada Kamis (30/06) bahwa hasil sejumlah pertandingan di divisi utama patut dicurigai telah dimanipulasi.

“Penyelidikan dilakukan setelah menerima informasi tentang dugaan manipulasi pada awal Ramadan,” demikian pernyataan Badan Olahraga Umum.

Ditambahkanbahwa pihak-pihak terkait sudah dimintai keterangan tetapi penyelidikan dilanjutkan dan kemungkinan diperluas.

Namun sejauh ini identitas pihak-pihak yang dicurigai tak dibeberkan.

Selama 20 tahun terakhir, sepak bola menjadi olahraga paling populer di Arab Saudi. Pertandingan klub-klub utama biasanya ditonton langsung di stadion oleh sekitar 50.000 orang

Tim nasional Arab Saudi sudah beberapa kali lolos kualifikasi Piala Dunia, tetapi tak mencatat banyak kemajuan selama tahun-tahun terakhir.

Pihak berwenang menyatakan tekad untuk memajukan sepak bola dan sekaligus membuat lebih banyak warga negara Arab Saudi berolahraga untuk menekan angka obesitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *