Loading...

Jelang pelantikan Presiden terpilih Joe Biden, warga Washington DC terkurung di rumah


  • Valdya Baraputri
  • Wartawan BBC News Indonesia

Keterangan gambar,

Sejumlah personel Garda Nasional dikerahkan untuk menjaga kawasan Gedung Capitol jelang pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai presiden dan wakil presiden.

Pelantikan Presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris berlangsung di tengah ancaman kekerasan dari grup pendukung Presiden Donald Trump dan pandemi Covid-19.

Kondisi krisis berlapis itu membuat situasi Ibu kota Amerika Serikat terasa mencekam bagi penduduknya, termasuk bagi warga asal Indonesia bernama Mega Valentina. Perempuan itu bermukim tidak jauh dari Gedung Capitol yang diserbu massa pendukung Trump pada 6 Januari lalu.

“Aku tinggal di daerah namanya Capitol Hill. Kebetulan daerah ini adalah tempat di mana US Capitol Building berada. Rumahku kurang lebih 800 meter dari gedung itu,” kata Mega melalui sambungan Zoom dari Washington DC.

Sedemikian dekatnya apartemen Mega dengan Gedung Capitol, dia bisa jelas mendengar dengungan sirine mobil-mobil polisi dan truk pemadam kebakaran di kawasan permukimannya saat gedung itu diserbu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *