Loading...

Covid-19: Inggris longgarkan lockdown: Pub, restoran, bioskop buka 4 Juli, relaksasi aturan ‘jaga jarak 2 meter


Hak atas foto
PA Media

Pub, restoran, hotel, dan layanan penata rambut dapat dibuka mulai 4 Juli di Inggris, ketika aturan jarak sosial dilonggarkan.

Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson mengatakan orang-orang harus tetap terpisah sejauh dua meter jika memungkinkan, tetapi aturan “satu meter plus” akan diperkenalkan.

Dua keluarga di Inggris juga akan dapat bertemu di dalam ruangan dan menginap – dengan menerapkan jarak sosial.

Perdana menteri memperingatkan bahwa semua langkah itu “dapat diubah” jika peningkatan kasus tak terkendali.

Kepala penasihat medis pemerintah, Prof Chris Whitty, mengatakan relaksasi ini memperlihatkan “keseimbangan risiko yang wajar”.

Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon, Menteri Pertama Wales Mark Drakeford dan Irlandia Utara Arlene Foster mengatakan bahwa aturan jarak dua meter akan tetap diberlakukan di negara mereka untuk sementara waktu.

Teater, bioskop, perpustakaan, museum, taman hiburan, dan kebun binatang adalah beberapa bentuk usaha lain yang juga dapat dibuka kembali.

Hak atas foto
ANDY RAIN/EPA

Image caption

Pembatasan yang dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona menyulitkan interaksi sosial, termasuk di lingkungan kampus.

Tetapi pusat kebugaran dalam ruangan, kolam renang, salon perawatan kuku (nail salon) dan area bermain dalam ruangan akan tetap ditutup untuk saat ini, seperti yang sudah ditetapkan sejak lockdown dimulai pada 23 Maret.

Dalam briefing harian terakhir pemerintah, PM Boris Johnson mengatakan “satuan tugas” sedang dibentuk untuk memutuskan kapan tempat-tempat itu bisa dibuka kembali.

Pertemuan keluarga tidak akan eksklusif, misalnya, sepasang kakek-nenek dapat bertemu kerabat mereka di akhir pekan, dan pada pekan berikutnya mereka bisa menemui anggota keluarga lain.

Tetapi, orang harus tetap menjaga jarak sosial – sehingga anggota keluarga yang tinggal terpisah, tidak akan bisa memeluk anggota keluarga yang lain.

Dalam sebuah pernyataan sebelumnya, Johnson mengatakan bahwa orang akan didorong untuk melakukan langkah “mitigasi” – seperti mengenakan penutup wajah dan tidak duduk berhadap-hadapan – ketika berada kurang dari 2 meter dengan orang lain, tetapi “di mana dimungkinkan untuk berada sejauh 2 meter dengan orang lain, orang harus melakukan itu “.

Media playback tidak ada di perangkat Anda

Boris Johnson menunjukkan kegembiraan ketika mengumumkan pub akan dibuka.

Prof Whitty memperingatkan “kasus akan meningkat” jika orang tidak mengambil tindakan pencegahan dengan serius.

Johnson mendesak orang untuk waspada, dengan mengatakan virus “ingin mengambil keuntungan dari kecerobohan kita”.

Dia mengatakan akan ada wabah lokal di masa depan – dan bahwa dia tidak akan ragu untuk mengubah aturan di tingkat lokal atau nasional jika penyebaran virus menjadi tak terkendali.

Tempat-tempat yang dapat dibuka kembali termasuk:

  • Pub, bar, dan restoran tetapi untuk layanan di dalam ruangan, dan pemilik akan diminta untuk menyimpan kontak pelanggan untuk membantu melacak kontak
  • Hotel, apartemen liburan, tempat perkemahan dan taman karavan, tetapi fasilitas bersama harus benar-benar dibersihkan
  • Teater dan tempat pertunjukan musik, tetapi mereka tidak akan diizinkan mengadakan pertunjukan live
  • Pesta pernikahan akan diizinkan untuk dihadiri 30 peserta, dan tempat ibadah akan diizinkan mengadakan layanan tetapi umat akan dilarang bernyanyi
  • Salon dan tukang cukur rambut dapat dibuka kembali tetapi harus memiliki langkah-langkah pencegahan, seperti mengenakan face shield
  • Perpustakaan, tempat berkumpul komunitas dan tempat bermain bingo
  • Bioskop, museum, dan galeri
  • Pasar malam, taman hiburan, arena hiburan, dan arena seluncur es (luar ruangan)
  • Tempat hiburan dalam ruangan di mana binatang dipamerkan, seperti kebun binatang, akuarium, peternakan, taman safari, dan pusat satwa liar

Apa yang masih dilarang dibuka tanggal 4 Juli?

  • Klub malam dan kasino
  • Arena boling dan arena seluncur es dalam ruangan
  • Area bermain dalam ruangan
  • Spa
  • Salon perawatan kuku dan salon kecantikan
  • Tempat pijat, layanan pembuatan tato dan tindik
  • Studio kebugaran dan tari dalam ruangan, walaupun Sekretaris Kebudayaan Oliver Dowden menulis dalam akun Twitter-nya bahwa menteri-menteri berharap dapat membuka kembali pusat kebugaran dan fasilitas rekreasi pada pertengahan Juli
  • Kolam renang dan taman bermain air
  • Pusat pameran atau konferensi – selain untuk mereka yang bekerja untuk tempat itu.

Menanggapi pernyataan Johnson pada Selasa sore, pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer mengatakan: “Saya percaya pemerintah berusaha melakukan hal yang benar dan saya mendukung mereka”.

Dia menambahkan dia pikir “aman bagi beberapa anak untuk kembali ke sekolah” setelah PM mengatakan sekolah-sekolah di Inggris harus kembali beroperasi penuh pada bulan September.

Di Skotlandia, sekolah dijadwalkan buka secara penuh bulan Agustus, di Wales beberapa sekolah akan buka selama tiga minggu pada bulan Juni ini, sementara Irlandia Utara berencana membuka sekolah secara penuh pada 24 Agustus.

Pembatasan harus diakhiri pada suatu titik. Pertanyaan besarnya adalah apakah Inggris bergerak terlalu cepat.

Jumlah infeksi telah turun secara dramatis.

Sekarang ada rata-rata lebih dari 1.000 kasus baru sehari, dibandingkan dengan sekitar 100.000 kasus yang diperkirakan pada puncak pandemi pada akhir Maret – kita tidak tahu angka pasti karena pengujian yang terbatas.

Kemajuan besar telah dilakukan.

Tetapi jumlah infeksi masih jauh lebih tinggi daripada negara lain.

Kasus di Prancis dan Jerman kurang dari setengah jumlah infeksi di Inggris (dan Jerman memiliki populasi yang lebih besar), sementara kasus di Italia kurang dari seperempat kasus di Inggris.

Itulah sebabnya ada banyak ahli, termasuk mantan penasihat ilmiah pemerintah Sir David King, menyuarakan keprihatinan bahwa pelonggaran dilakukan terlalu cepat.

Tetapi, tentu saja, tidak melakukan pelonggaran juga merugikan – bagi ekonomi, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan masyarakat luas.

Pada akhirnya, ini adalah penilaian yang seimbang.

Kita hanya akan tahu apakah ini merupakan langkah yang benar atau tidak di minggu-minggu dan bulan-bulan mendatang.

Bukti saat ini menunjukkan jarak sejauh satu meter, membawa risiko antara dua hingga 10 kali dibandingkan dengan jarak dua meter, ujar para ilmuwan yang mengasistensi pemerintah.

Di bawah panduan baru, pemerintah ingin orang-orang menjaga jarak sejauh dua meter.

Jika tidak, mereka harus terpisah setidaknya satu meter untuk mengurangi risiko penularan.

Langkah pencegahan lain termasuk tidak duduk berhadap-hadapan, membatasi jumlah orang di ruang tertutup, atau menyediakan cairan pembersih tangan untuk digunakan.

Johnson menekankan bahwa pemerintah tidak “memaksa” orang untuk membatasi kontak sosial mereka melalui undang-undang, tetapi “meminta mereka untuk mengikuti panduan”.

Polisi masih bisa “membubarkan pertemuan besar dan tidak bertanggung jawab”, katanya.

Sebelumnya, dia mengatakan masing-masing negara bertanggung jawab membuat aturan lockdown sendiri, tetapi mengatakan semua bagian Inggris sekarang “menuju ke arah yang sama”.

Perdana menteri menambahkan dia tidak percaya ada “risiko puncak infeksi kedua yang mungkin membuat petugas kesehatan Inggris kewalahan”.

Sebanyak 171 kematian dilaporkan di Inggris pada hari Selasa (23/06), dengan total kematian menjadi 42.927, sementara ada 874 kasus positif baru.

Menurut angka resmi terbaru, nilai R untuk Inggris – jumlah rata-rata orang yang ditularkan oleh satu orang yang terinfeksi virus – adalah antara 0,7 dan 0,9.

Kepala penasihat ilmiah Sir Patrick Vallance, yang juga berbicara pada konferensi itu, mengatakan bahwa masyarakat tidak boleh “dibodohi” dengan berpikir bahwa virus itu telah “hilang”.

“Penyakit ini berkembang di seluruh dunia,” katanya.

Prof Whitty mengatakan dia akan “terkejut dan senang jika meeka tidak berada dalam situasi saat itu selama musim dingin dan musim semi mendatang”.

‘Momen besar’

Editor politik BBC Laura Kuenssberg mengatakan: “Ini bukan berarti kembali ke bisnis normal, tetapi ini adalah momen yang sangat besar, dan langkah menuju normal baru.

“Satu hal penting yang perlu diperhatikan, seperti yang saya pahami, saran dari pemerintah adalah orang harus bekerja di rumah jika mereka bisa.”

Rasa senang dan ketidakpedulian

Image caption

Pemilik sebuah toko di Brixton, Rezia, mengaku kurang optimis bahwa bisnisnya akan membaik setelah tempat-tempat usaha lainnya dibuka kembali

Oleh Alice Evans, BBC News

Brixton terlihat hampir normal siang ini. Banyak kios pasar buka, ada banyak pelanggan, dan musik menggelegar yang datang dari beberapa toko. Sejauh ini, terasa seperti Brixton dalam kondisi biasa.

Tetapi banyak bisnis yang tutup di kawasan London selatan yang ramai ini adalah efek lockdown yang terjadi pada sektor perdagangan.

Beberapa perusahaan lokal menyambut baik berita pelonggaran lockdown yang diumumkan perdana menteri.

Pub Duke of Edinburgh, misalnya, sedang sibuk menyiapkan tempatnya sesuai dengan protokol yang ditetapkan, dengan staf mengatakan “sangat bersemangat” menyambut pelanggan mereka untuk kembali.

Para pelanggan sama-sama tertarik – situs web pemesanan pub crashed beberapa menit setelah pengumuman perdana menteri karena banyaknya calon pelanggan yang ingin mengunjungi tempat itu.

Tetapi yang lain tidak begitu antusias.

Pemilik toko kain Rezia (gambar di atas) senang aturan jaga jarak dua meter disederhanakan menjadi satu meter, tetapi yakin bisnis akan tetap “lambat” untuknya.

Tidak masalah bahwa lebih banyak orang akan keluar dan menghabiskan uang – mereka tidak akan membeli kain, katanya, dalam perjalanan pulang dari pub.

Kepala pub Wetherspoon, Tim Martin mengatakan dia “sangat senang” bahwa pub dibuka kembali setelah lama absen.

“Kami akan membahas proposal pemerintah dengan manajer dan staf pub kami sebelum kami memberi komentar lebih lanjut.”

Kepala eksekutif Perhotelan Inggris Kate Nicholls mengatakan pembukaan kembali adalah cara terbaik untuk mengamankan bisnis dan pekerjaan – tetapi memperingatkan bahwa kendala jarak sosial akan berarti beberapa bisnis tidak dapat bertahan, dan dukungan pemerintah tetap “penting”.

Glenn Earlam, kepala eksekutif gym David Lloyd, mengatakan dia kecewa dengan pengumuman tersebut, karena ia mengatakan tempat usahanya sudah siap dibuka pada 4 Juli.

“Selama tiga minggu terakhir kami telah mengerjakan banyak sekali detail,” katanya. “Semuanya, mulai dari pemeriksaan suhu anggota ketika mereka tiba, ke fasilitas sanitasi tangan, hingga cara pembersihan gym yang ekstrem.”

Sebuah jajak pendapat online instan yang dilakukan oleh YouGov tidak lama setelah pengumuman Johnson menunjukkan 64% orang mendukung pembukaan kembali sektor yang ditentukan dan 73% mendukung keputusan untuk bagi keluarga untuk berkumpul dalam satu ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *