Boeing 737 Max: Seberapa populer model ini? Bagaimana nasibnya ke depan?


Hak atas foto
Getty Images

Image caption

Pesawat Boeing 737 Max 8 milik maskapai American Airlines.

Boeing mengatakan 737 Max adalah model paling laris dalam sejarah perusahaan tersebut.

Tak kurang dari 100 maskapai di seluruh dunia memesan model ini dengan jumlah keseluruhan mencapai lebih dari 4.500 unit.

Namun, dari sisi persentase, bisa dikatakan kecil jika dibandingkan dengan keseluruhan model yang dioperasikan para maskapai di seluruh dunia.

Sebagai gambaran, ada 700.000 penerbangan komersial pekan ini, menurut data yang dikumpulkan lembaga penyedia data penerbangan OAG.

Dari total penerbangan ini, 6.548 rencananya menggunakan varian Boeing 737 Max.

“Jadi, sekitar 1% dari seluruh jadwal penerbangan global pekan ini,” ujar John Grant dari OAG.

Bagaimana maskapai mengganti 737 Max?

Boeing 737 Max 8, model yang dipakai Ethiopian Airlines dan Lion Air, biasanya digunakan untuk penerbangan domestik jarak pendek.

Hak atas foto
Reuters

Image caption

Kotak hitam pesawat Boeing 737 Max 8 milik Ethiopian Airlines yang jatuh tengah diteliti di Prancis.

Keputusan Boeing untuk menerapkan larangan sementara secara global akan berdampak terutama di kawasan Amerika Utara.

Tiga maskapai di kawasan, Southwest Airlines, Air Canada dan American Airlines, memiliki banyak armada 737 Max 8.

Ellis Taylor, editor keuangan Asia di Flight Global, mengatakan pelarangan ini “sudah barang tentu akan mempengaruhi jadwal penerbangan” di Amerika Serikat.

Tapi, dampaknya tak akan terlalu serius karena maskapai akan mampu mengakomodasi penumpang dengan menempatkan mereka ke penerbangan lain atau dengan mengerahkan pesawat lama.

“Ada kapasitas yang berlebih secara global untuk mengambil kapasitas yang hilang untuk waktu yang cukup panjang,” kata Grant.

Taylor mengatakan meski tidak akan ada gangguan serius akibat pelarangan sementara 737 Max 8, beberapa hari ke depan akan menjadi “periode yang sibuk bagi maskapai karena mereka memberlakukan rencana darurat karena tidak boleh menggunakan model 737 Max 8”.

Berapa lama pelarangan akan diterapkan?

Tingkat gangguan di industri perjalanan udara akan sangat tergantung dengan berapa lama 737 Max 8 dilarang terbang.

Jawaban atas pertanyaan tersebut tergantung dengan cepat tidaknya para penyelidik mengetahui penyebab kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines.

Mungkin ini perlu waktu agak lama. Laporan awal atas penyebab jatuhnya pesawat Lion Air dirilis sebulan setelah kecelakaan.

Badan penerbangan sipil AS (FAA), yang mengirim tim untuk menyelidiki lokasi jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines, sudah menemukan kesamaan kecelakaan yang menimpa pesawat Ethiopian Airlines dan Lion Air.

Taylor mengatakan melihat kondisi di lapangan, pelarangan terbang terhadap Boeing 737 Max 8 akan berlangsung selama beberapa pekan, tapi terbuka kemungkinan akan diperpanjang hingga beberapa bulan.

“Semuanya akan tergantung dengan apakah masalah keselamatan yang ada bisa diatasi dengan cepat atau tidak,” kata Taylor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *