Loading...

Banjir Jakarta: Gubernur dinilai ‘tak banyak lakukan pencegahan’, wakil ketua DPRD sebut banjir ‘tak sebesar tahun lalu’


Keterangan gambar,

Relawan berusaha mengevakuasi warga yang terjebak banjir dengan menggunakan perahu karet di kawasan Wijaya Timur, Petogogan, Jakarta, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi serta drainase yang buruk membuat kawasan Petogogan banjir setinggi 1,5 meter.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, disebut “tidak banyak melakukan upaya pencegahan banjir selama 3,5 tahun menjabat”, menurut pengamat tata kota dari Universitas Trisaksi, Nirwono Yoga.

Program pembenahan 13 sungai besar yang dilakukan sejak era gubernur Fauzi Bowo hingga Basuki Tjahaja Purnama dengan berkoordinasi bersama Kementerian Pekerjaaan Umum terhenti sejak tahun 2017 karena persoalan politik.

Namun, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik menampik tuduhan itu dan menilai “banjir kali ini tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya”.

‘Takut banjir susulan’

Syafira Hernianti tak pernah luput dari banjir. Rumahnya di Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, terendam banjir setinggi 90 sentimeter pada Sabtu (20/02).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *